Jumat, November 07, 2008

PULAU KURUDU BUTUH SENTUHAN

POTENSI alam di Pulau Kurudu, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, sangat luar biasa. Sayangnya, hingga kini belum dimanfaatkan untuk menarik wisatawan nasional masupun mancanegara berwisata ke pulau yang masih alami. Obyek wisata Pulau Kurudu memang butuh sentuhan, butuh investor, butuh promosi agar didatangi wisatawan.
Padahal pulau yang dijuluki Pulau Sorga ini memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik dan bila dikelola secara baik dan profesional akan menarik wisatawan sekaligus meningkatkan pendapatan bagi negara maupun Kabupaten Kepulauan Yapen.
Selain itu, penduduk yang bermukim di pulau ini pun akan mendapat tambahan pendapatan, demikian kata tokoh masyarakat asal Pulau Kurudu, Marinus Imbiri kepada antara di Jayapura, Jumat (7/11).
Dikatakan, pulau yang berhadapan langsung dengan lautan pasifik itu memiliki pantai berpasir putih dan hitam yang sangat panjang dan memiliki terumbu karang yang masih asli.
Selain itu pada waktu-waktu tertentu terjadi musim ombak sehingga cocok untuk olah raga luncur ombak dan selancar angin. Bahkan di perairan pulau sorga ini juga terdapat beraneka jenis ikan dan terumbu karang serta berbagai jenis rumput laut sehingga menarik bagi para pencinta selam.
Beberapa tahun silam pulau ini pernah dikunjungi sejumlah wisatawan asal Belgia. Mereka menyelam sambil menikmati keindahan laut yang ada di perairan pulau tersebut.
Ia yakin apabila potensi pariwisata yang ada di Pulau Kurudu dikembangkan secara baik dan professional, maka akan menarik sejumlah wisatawan mancanegara dan domestic untuk berkunjung ke pulau ini.
Apalagi penduduk yang mendiami pulau ini sangat ramah dan memiliki rasa soaial yang sangat tinggi sehingga akan memberikan pelayanan yang baik bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kurudu. Untuk menjangkau pulau ini dari Serui, Ibukota Kabupaten Kepulauan Yapen, hanya membutuhkan waktu dua jam menggunakan "speed boad". (e)

Tidak ada komentar: