Rabu, November 05, 2008

PARIWISATA BELITUNG BANGKIT


TAK ada perbedaan yang menyolok antara pariwisata Pulau Bangka dengan Belitung, di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Cuma Belitung kurang beruntung dalam menggaet wisatawan. Dikarenakan, promosi yang lemah dan publikasi yang rendah. Namun kini, pariwisata Belitung mulai bangkit untuk maju, untuk sejajar dengan daerah lainnya.
Kebangkitan itu, ditandai dengan peluncuran 'Visi Babel Archipelago 2010' atau Tahun Kunjungan Wisata Babel yang dicanangkan di Pantai Kelayang Belitung, pertengahan Oktober 2008 lalu. Peluncuran oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal serta bertepatan dengan tempat finish rally yatch internasional (kapal layar) Darwin-Belitung.
Selain itu, suksesnya film Laskar Pelangi juga video klip group band Nidji, berdampak pada kemajuan pariwisata di Belitung. Kok bisa?, ya karena lokasi syuting dengan latar belakang destinasi yang tersebar di Belitung. Sehingga membawa perubahan besar bagi daerah yang dulu dikenal sebagai penghasil timah dan lada.
Belitung memang beruntung karena alamnya yang indah. Pantainya berkarpet pasir lembut yang putih bak permata. Susunan bebatuan granit, membuat decak kagum. Malah ada batuan membentuk sebuah gua. Pantai Tanjung Tinggi ini memang unik, menarik dan eksotik apalagi diapit dua semenanjung. Sementara air laut yang belum tercemar, memudahkan mata melihat karang, ikan hias dan ubur-ubur bening bening berkepala sebesar bola basket dengan tentakel panjang.
Pantai lainnya yang tak kalah menariknya adalah Pantai Tanjung Kelayang, yang juga berpasir putih yang dihiasi batuan granit yang tertata rapi secara alami. Malah ada batu yang mirip kepala burung laut, kelayang. Karena keindahan alamnya, masyarakat Belitung percaya bahwa pulau-pulau merekalah yang dipilih peri-peri kahyangan ketika akan mandi cahaya Bulan.
Juga ada Pantai Bukit Berahu, Pantai Teluk Gembira Membalong, Pantai Penyaeran, Pantai Tanjung Kiras, dan Tanjung Pendam yang ada di kota Tanjungpandan. Menariknya pantai ini lantaran bisa melihat sunset yang sangat indah.
Destinasi lain yang tak kalah menariknya, puluhan Pulau-pulau kecil yang indah. Pulau Lengkuas, misalnya terdapat mercusuar yang dibangun pada masa Belanda tahun 1882. Perairan di sekitar pulau ini banyak terdapat karang laut yang indah sehingga dijadikan objek menyelam oleh wisatawan. Pulau lainnya adalah Pulau Babi, Pegadaran, Lutung, Kera, Jukung, Jenang, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Burung.
Di Belitung, wisatawan petualang bisa menikmati ombak laut sambil memancing pada malam hari dengan perahu bagan nelayan di Selat Gaspar yang memisahkan Pulau Bangka dengan Belitung. Caranya, bisa ikut nelayan atau menyewa bagan berikut awaknya. Memancing di Selat Gaspar adalah obyek wisata eksklusif yang ditawarkan Belitung. Saat ini penduduk Belitung dan orang Jakarta pada akhir pekan memancing di laut dengan kapal sendiri atau menyewa perahu. Asyik, lhooo... (endy)

Tidak ada komentar: