Senin, November 17, 2008

DESTINASI TUGU PERANG BIAK RUSAK

MERAWAT itu memang tidak gampang. Buktinya, tugu bersejarah yang sudah dibangun susah-susah oleh tentara negara adidaya, Amerika Serikat pada tahun 1945, kini kondisinya malah memprihatikan.
Padahal, di bekas lokasi perang sekutu di Biak, Kabupaten Biak Numfor Papua itu memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Kemenangan tentara AS bersama sekutu saat melawan tentara Jepang pada Perang Dunia Kedua itu merupakan simbol sejarah dunia yang tak ternilai harganya.
Sayangnya, simbol kemenangan yang diwujudkan dalam sebuah Tugu Perang tak terawat, juga kurang mendapat perhatian. Padahal, jika ditangani serius, dirawat dengan baik dan dipelihara secara sukarela, bisa jadi akan menjadi obyek wisata sejarah yang memiliki nilai yang tak terkira harganya.
Lebih dari itu, tugu itu bisa dipromosikan ke negara adi kuasa dan sekutunya dengan promosi yang rutin, propaganda yang menarik dan publikasi yang menyebutkan masih ada peninggalan bekas perang tentara AS yang ada di Biak. Juga dibumbi informasi menarik dan pelengkap lainnya, sehingga menimbulkan daya tarik.
Apalagi, di kawasan ini masih banyak tersebar peninggalan sejarah tentara sekutu, dan Jepang bahkan Belanda seperti bangkai kapal perang, bangkai pesawat terbang juga ada
goa Binsari Jepang di Kampung Sumberker, Tugu UNTEA di jalan Hangtuah komplek Pangkalan TNI AL Biak.
Selain itu, ada juga objek sejarah tugu perang dunia II di Pulau Numfor, monument perang dunia II Paray Distrik Biak Kota, tugu Pepera di Jalan Sriwijaya Ridge Distrik Samofa. Sementara objek sejarah lainnya berupa tugu 14 Maret di Jalan Sorido Distrik Biak Kota sebagai simbol perjuangan pemuda Biak melawan kolonial Belanda.
Sayang hal itu tidak dilakukan dari dulu-dulu, yang ada saat ini justru kebalikannya. Nasib tugu perang Pasific di Biak itu, rusak. Bagian atasnya pecah dan hilang. Yang menyedihkan lagi, oleh warga sekitar di Jalan Pramuka dipakai menjemur pakaian, menjemur kasur bahkan garasi motor. Menyedihkan memang. (END/FOTO : IST)

Tidak ada komentar: