Rabu, November 26, 2008

PANTAI KUTA DIPENUHI SAMPAH


USAI dipenuhi puluhan ton ikan mati, Pantai Kuta kini dipenuhi sampah-sampah yang terbawa arus laut. Sampah yang terdampar di pantai sangat beragam, mulai sampah plastik yang tidak dapat diurai hingga bangkai binatang.
Ketua Satgas Pantai Kuta, I Gusti Ngurah Tresna, Rabu (26/11) mengatakan fenomena ini kerap kali terjadi setiap musim angin barat atau menjelang bulan Desember.
"Cuaca sudah mulai berubah, kini bertiup angin barat, sehingga sampah-sampah di tengah laut terbawa arus hingga ke tepi pantai yang banyak dikunjungi turis mancanegara," kata Tresna seperti dikutip antara.
Menurut catatan satgas Kuta, tumpukan sampah telah terjadi sejak lima hari lalu. Satgas Kuta pun mencatat sedikitnya sampah yang terkumpul di Kuta telah mencapai 20 truk.
"Setiap hari petugas dibantu para pedagang mengumpulkan sampah yang ada di Pantai Kuta, kemudian untuk bisa diangkut petugas DKP Badung," kata Tresna.
Sampah yang memenuhi Pantai Kuta ini akan semakin menumpuk selama bulan Desember mendatang dan seperti tahun lalu sampah di Pantai Kuta mencapai 1000 truk.
Pantai Kuta yang dipenuhi sampah ini dikhawatirkan mengganggu kegiatan pariwisata di Pantai Kuta. Selain akibat cuaca yang mendung, banyak wisatawan mengurungkan niatnya berenang atau berjemur di Pantai Kuta akibat sampah yang memenuhi pantai.
"Untuk menghindari persepsi yang salah tentang Pantai Kuta bagi wisatawan, kami terus memberikan informasi mengenai kejadian tahunan ini," kata Tresna. (e/foto :ant)

Tidak ada komentar: