Jumat, November 16, 2007

KAMPANYE SADAR WISATA

BERITA WISATA :
Perkuat Pemberdayaan Masyarkat Wisata


Sejalan kebijakan strategis nasional mendorong percepatan pariwisata sebagai pilar utama pembangunan nasional, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan berbagai langkah strategis dan terobosan untuk mewujudkan tujuan dan sasaran akselerasi yang akan dicapai.
Salah satu langkah penting yang ditempuh, memperkuat upaya-upaya pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata di seluruh wilayah di Indonesia.
Dalam kaitannya upaya itu, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata akan melaksanakan kegiatan Kampanye Nasional Sadar Wisata (KNSW) bertujuan membangun kembali komitmen seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di berbagai daerah di tanah air, khususnya melalui penerapan dan perwujudan Sapta Pesona.
Kegiatan Kampanye Nasional Sadar Wisata (KNSW) tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 25 November 2007, bertempat di Lapangan Gazibo, Bandung, pada pukul 08.00 sd. 12.00 WIB bersamaan dengan penyelenggaraan parade seni dan budaya nasional " Kemilau Nusantara.
Kampanye Nasional Sadar Wisata akan dibacakan Deklarasi Nasional Peningkatan Sadar Wisata dan Pencanangan Kampanye Nasional Sadar Wisata (KNSW) oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata bersama dengan Menteri Dalam Negeri dan para Gubernur yang diikuti Penanaman Pohon Kehidupan dari seluruh Provinsi sebagai wujud kesatuan komitmen dari seluruh daerah, serta Penyerahan Panduan Nasional Pelaksanaan Sadar Wisata bagi Daerah.
Sebagai kegiatan pendukung yang mendahului kegiatan KNSW tersebut, pada hari Sabtu, tanggal 24 November 2007 akan dilaksanakan kegiatan:
1. Workshop Kampanye Nasional Sadar Wisata dan Pembentukan Polisi Pariwisata (venue: Hotel Savoy Homan, Bandung, pk. 08.00 " 17.00 WIB)
Workshop ini bertujuan untuk menghimpun masukan dan pemikiran mengenai langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk membangun kembali Sadar Wisata dan perwujudan Sapta Pesona di kalangan masyarakat, serta pengembangan peran Kepolisian dalam mendukung perwujudan Sapta Pesona, khususnya terkait dengan prinsip Keamanan dan Ketertiban.
Workshop akan diikuti peserta dari seluruh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, perwakilan dari industri/ asosiasi pariwisata, kalangan perguruan tinggi, kalangan media, kalangan masyarakat/ LSM, kalangan POLRI (POLPAR) dan POLDA, Departemen/ dinas terkait..
2. Dialog Pokdarwis/ Klompenpar (venue: Padepokan Mang Udjo " Bandung, Pk. 14.00 " 16.00 WIB)
Dialog Pokdarwis/ klompenpar bertujuan untuk membangun komunikasi dan interaksi diantara pemangku kepentingan dalam pengembangan pariwisata, khususnya kelompok sadar wisata/ kelompok penggerak pariwisata dengan Pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam rangka membangun langkah bersama untuk mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona dalam pembangunan kepariwisataan nasional.
Dialog Pokdarwis/ Klompenpar tersebut akan dihadiri oleh Menbudpar beserta jajarannya, perwakilan dari Pokdarwis/ Klompenpar, kalangan industri/ asosiasi pariwisata pusat dan daerah, kalangan media dan masyarakat. (bp)

Tidak ada komentar: