Kamis, November 08, 2007

ASEANTA Awards for Excellence 2008

BERITA WISATA :
- 9 Kategori Penghargaan Pariwisata
Organisasi pariwisata ASEAN atau ASEAN Travel Association (ASEANTA) untuk kedua puluh dua kalinya akan memberikan ASEANTA Award for Excellence 2008 kepada individu, organisasi yang dinilai memberikan kontribusi terhadap pengembangan, pertumbuhan, dan promosi kebudayaan dan pariwisata di kawasan ASEAN.
Ada sembilan kategori yang dikompetisikan dan dipilih yang terbaik (the best) untuk kategori: tourism photo, tour package, airline programme, concervation effort, tourist attraction, travel article, marketing & promotions, cultural conservation effort, dan poster.
Penghargaan itu akan disampaikan pada event Asean Tourism Forum (ATF) di Bangkok, Thailand, Januari 2008 mendatang.
Direktur Pengembangan Pasar, Ditjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) Syamsul Lussa, juga sekaligus merupakan Alternate Board Member ASEANTA, Syamsul Lussa mengatakan penghargaan ASEANTA ini diberikan sejak 1987 atau selama 21 tahun terakhir banyak dimenangkan oleh beberapa negara tertentu seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk semua katagori. Indonesia yang notabene punya keunggulan begitu banyak hanya memenangkan tujuh awards untuk empat katagori.
Hal ini disebabkan kurangnya masukan (entries) yang diusulkan atau dinominasikan oleh Indonesia ke pihak Panitia atau Tim Juri ASEANTA Awards for Excellence, kata Syamsul yang juga Direktur Pengembangan Pasar Ditjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) di Jakarta, Kamis (8/11).
Dengan kondisi itu, sambung Syamsul, berbagai produk unggulan pariwisata Indonesia sangat layak untuk dikompetisikan di kawasan ASEAN. Untuk itu, Depbudpar menghimbau semua industri melalui asosiasi dan industri pariwisata nasional agar dapat mengerahkan seluruh anggota/perusahaan/individu untuk mengikuti kompetisi sekaligus memasukan nominasinya (entries) segera mungkin sebelum batas akhir penerimaan nominasi, 30 November 2007 oleh tim juri ASEANTA.
Sehingga dapat memenangkan lebih banyak penghargaan (awards) yang pada gilirannya akan memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi, kata Syamsul.
Organisasi ASEANTA merupakan organisasi pariwisata terbesar untuk kawasan ASEAN. Saat ini anggotanya terdiri Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, serta Vietnam. Keanggotaan dalam ASEANTA ini selain dari unsur pemerintah juga dunia swasta yakni pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi pariwisata.
Anggota ASEANTA dari Indonesia, selain Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) juga asosiasi pariwisata-- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Perusahaan Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA). (e)

Tidak ada komentar: