Minggu, November 11, 2007

Wisatawan Keluhkan Akses Internet

BERITA WISATA :
- Destinasi Sungai Penuh Tak Ada Jaringan

Para wisatawan nasional (wisnus) dan mancanegara (wisman) mengeluhkan sulitnya mengakses hubungan komunikasi melalui jaringan internet dari Kota Sungai Penuh, Ibukota Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ke berbagai tujuan kota dan ke luar negeri.
Sejumlah pendatang dari Kota Medan, Bali, Jambi, Jakarta dan seorang wisatawan asal Belanda yang sedang menganteri di salah satu warung internet di kota di "Alam Bumi Sakti" Kerinci itu, Minggu mengakui sejak Sabtu mereka berusaha mengirim informasi melalui internet tetapi selalu gagal.
Marco wisatawan dari Bali dan Budi salah seorang kontributor stasiun televisi ketika ditemui di kantor pelayanan Telkom di depan lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh, juga mengakui kesulitan yang sama untuk mengirimkan laporan melalui jaringan internet dari kota itu ke luar kendati sambungan telepon "conect" dan pulsa terus dihitung.
Seorang petugas Telkom yang melayani masyarakat umum itu, mengakui sering terjadi hambatan pengiriman informasi melalui internet karena menurutnya kota itu berada di bawah atau dikelilingi pegunungan. "Jangankan terkirim, berita yang hendak saya kirim ke kantor menggunakan E-Mail juga hilang," ujar Indra salah seorang jurnalis dari Kota Jambi yang sedang bertugas di Kabupaten Kerinci yang dulu masuk wilayah Provinsi Sumatera Barat.
Kabupaten Kerinci bergabung dengan Provinsi Jambi sejak tahun 1957, dan jarak dari kota itu ke Kota Jambi sekitar 419 km yang ditempuh lebih kurang 12 jam melalui jalan darat, sedangkan jarak dari Sumatera Barat lebih dekat hanya sekitar lima jam perjalanan (berjarak 250 km).
Daerah berhawa dingin itu sebagai penghasil sayur-mayur dan buah-buahan terbesar dari Jambi, bahkan penghasil kulit kayu manis terbesar di dunia dengan produksi rata-rata lebih kurang 100 ton per minggu. (an)

Tidak ada komentar: