Rabu, Desember 03, 2008

OMSET WISMAN KE JAKARTA ANJLOK


JUMLAH kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Ibukota Jakarta selama Oktober 2008 sebanyak 126.549 kunjungan atau mengalami peningkatan 22,15 persen dibandingkan September 2008. Sayangnya, kenaikan itu tidak dibarengi dengan kenaikan omzet pendapatan malah grafiknya anjlok hingga 20 persen.
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta mencatat peningkatan kedatangan turis asing yang masuk ke Jakarta melalui tiga pintu utama, seperti Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Bandara Halim Perdana Kusuma.
Peningkatan jumlah wisman terjadi karena kekuatan industri pariwisata seperti pusat pasar yang terkonsentrasi, faktor investasi asing, dan keamanan. Sayangnya kdibalik kenaikan ada penurunan hingga 20 persen. Hal ini terjadi akibat krisis global yang melanda dunia. Sehingga, berdampak pada mahalnya harga makanan dan minuman seperti wine (anggur)
Seperti wisatawan yang datang ke Jakarta paling banyak menikmati hiburan malam, spa, golf dan belanja. Setelah itu mereka berwisata ke Puncak, Bandung, Yogyakarta dan Bali. Sementara obyek wisata yang ada di ibukota seperti Monas, Ancol, Ragunan, Taman Mini jarang ada yang menyinggahi. (endy)

Tidak ada komentar: